Friday, October 23, 2015

Rahasia para master Pleci Mania Memilih bahan pleci ombyokan dipasar

   PLECI MANIASesama penghobi burung pleci, pasti sama apa yg dirasakan para pleci mania dimanapun berada?, “Bingung” saat akan membeli bahan burung pleci dipasar, di kios-kios burung, ataupun ditukang jaring/pemikat.
   “Duh milih plecinya gimana ya? Kata penjualnya sih jantan, tp kok kayak betina? Yg lebih prospek yg mana ya?  Ritual ini sangat membingungkan, dimana kita harus memilih satu burung diantara puluhan, bahkan ratusan burung pleci dalam 1 sangkar.

"Pleci Ombyokan pasar, Bahan muda hutan"

Pleci ombyokan

   Bahan pleci muda hutan / hasil penangkaran yg tepat, akan berpengaruh besar nantinya pada hasil yg akan kita dapat selama masa pemeliharaan dan pelatihan.
Intinya adalah bakalan yg bagus, lebih bisa dimaksimalkan kemampuanya, bahkan anda akan lebih menghemat waktu dan biaya dalam pemeliharaanya,dengan hasil yg memuaskan.
   Ibarat 2 ekor pleci jantan, yg satu baru berumur 2 bulan, yg satu diatas 1 tahun. Maka justru akan sangat lebih mudah melatih pleci yg masih berumur baru 2 bulan. Apalagi bagi Master pleci mania yg ingin memburu bakalan untuk Lomba, Memilih bakalan adalah wajib.

   Mengapa orang dikatakan master kung fu? Karena jago dalam melakukan kung fu. Begitu juga mengapa orang bisa dikatakan master burung pleci? Karena master pleci menguasai bidang burung pleci. Bagai mana bisa sepintar itu? Pengalaman jawabanya!

 Para suhu pleci bisa memilih bakalan bagus dalam hitungan menit, karena selain pengetahuan, mata mereka juga sudah sangat tajam dalam melihat potensi burung pleci bakalan. Telinga mereka bisa mendengar decitan kecil suara pleci bagus, diantara ramai dan campur aduknya suara burung dipasar, Pleman seperti ini sudah pada taraf gila!
   Namun apa salahnya kita belajar memilih sendiri, Boleh donk intip-intip gimana sih para profesor pleci memilih bahan yg prospek? Apa yg menjadi dasar pertimbangan mereka? Mari kita buka rahasianya!!

   Pleci bahan ombyokan bisa didapat dipasar burung, toko burung, penangkaran, ataupun tukang pemikat burung pleci, kalau kita memilih ditempat pemikat langsung, biasanya burung masih tampak segar-segar,

Dan Ini dia cara memilih bakalan pleci yg prospek bagus :

1. Jenis kelamin burung Jantan (wajib)

Ini cara bedainnya Ciri-ciri pleci jantan lengkap

2. Burung pleci usia muda

3. Gerakan burung lincah

Terbang kesana kemari menyilang-nyilang, sesekali makan dan terbang lagi. Sesekali mematok temanya dan terbang lagi, (Tidak fokus). Dll (Lincah bukan giras), Mengapa hal ini perlu diperhatikan, karena tidak semua pleci melakukan hal ini, apalagi yg tidak bermental akan diam bersama koloninya.

4. Ujung sayap mengapit rapat/ bahkan kalo bisa mengapit sampai menyilang

5. Postur lebih panjang dan ramping, suka berdiri-diri, dan memanjangkan lehernya.

6. Paruh lebih besar dan panjang

7. Mengeluarkan suara call keras, Gak cuma “ciew..” tapi “Ciaatt..”

8. Kaki jinggring, Bersih, jari-jari mencengkeram kuat, Paha tampak panjang.

9. Postur proporsional. Besar lebih bagus asal tampak atletis, bukan kegemukan.

10. Mata terang besar melotot, pupil mata kecil tajam dan Ring kacamata lebar.

11. Kepala besar ceper

Hampir mustahil anda menemukan pleci yg memiliki semua kriteria ini, carilah yg paling mendekati atau banyak memiliki spek diatas. sehingga anda tidak akan berinvestasi pada burung yg salah.

Selebihnya hasil ada pada pola perawatan dan cara anda melatihnya hari demi hari”


Perawatan Pleci

Catatan:

- Para master banyak yg memesan kepada pemikat, karena pemikat yg lebih tau gerakan dan suara burung saat dialam bebas

- Pilih pleci yg masih segar, biasanya stok pleci yg masih baru, ada di dipasar burung besar setiap hari jumat atau sabtu.

- Bawalah pleci dari rumah atau lain koloni, dekatkan dengan kandang ombyokan, burung yg bermental akan terbang mendekat.

Bahan Pleci

Tips :

- Akan sangat sulit memperhatikan beberapa pleci dalam ombyokan besar, pilih yg sekiranya prospek saja dan sisihkan dalam kandang lain. Setelah ada 2 atau 3 pilihan baru ambil yg paling srek dihati, namun tidak ada salahnya untuk dibeli semua.

- Kalau kesulitan menentukan jantan dan betina, mintalah bantuan penjualnya, atau sesama pleman dipasar.

- Biasanya bakalan pilihan akan disisihkan dalam kandang kecil sendiri-sendiri, dan dijual dg harga yg berbeda.

- Lihat burung yg banyak diperhatikan dan ditanyakan harganya sm orang-orang.

- Beli burung yg sudah Ngeriwik adalah awal yg baik.

Nah demikian tadi beberapa cara memilih burung pleci ombyokan, yg kami rangkum dari pengalaman teman-teman pleci mania. special untuk pembaca,  semoga bermanfaat!!

2 comments:

  1. Memang memilih ombyokan pleci menjadi kepuasan sendiri kalau burung yang kita rawat dari ombyokan mau ngalas ataupun ngerol. Untuk itu agar anda tidak salah memilih kelamin pleci maka baca dahulu artikel yang membahas tentang..

    Bedakan Pleci Jantan dan Betina 100% Akurat

    ReplyDelete
  2. Thanks gan, sangat membantu saya dalam memilih pleci yang bagus..

    ReplyDelete