Wednesday, October 14, 2015

Perawatan Terbaik Burung Kacer lomba

   Aktivitas burung kacer yg pertama bisa dilakukan pada Pukul 5 pagi, buka kerodong sangkar dan burung kacer di embunkan dibawah langit terbuka (diteras jg bisa). Pada fase pengembunan ini biasanya burung akan berkoar-koar, berkicau seperti di alam lepas.

Kacer gacor


   Setelah jam menunjukkan pukul 07.00 atau sinar matahari mulai hangat, burung bisa dimandikan. Proses memandikan lebih diutamakan mandi karamba, namun tergantung karakter atau kebiasaan burung maka bisa disemprot dg spray.

   Sembari burung masih sibuk mandi, maka kita bisa bersihkan kandang harianya dan mengganti pakan. Yg paling penting biasakan air minum diganti setiap pagi.
Setelah selesai mandi masukkan kembali burung pada kandang harianya, dan berikan sarapan Ef setelan harian, (Jangkrik 3/4 ekor),

Penjemuran kacer


   kemudian jemur burung ditempat yg terbuka dan terkena sinar matahari, sekitar 2-3 jam tergantung tujuan proses penjemuran. Sebagai catatan jangan biarkan kacer melihat burung lain saat penjemuran.

   Setelah dikelantang selama beberapa jam, angkat kembali dan diangin anginkan di teras kurang lebih 10-30menit, gunanya untuk burung mendinginkan badan dan jangan langsung dikerodong ato dimasukkan rumah, hal ini bertujuan untuk menjaga retina mata burung spy tdk buram.

   Segera kerodong kembali burung kacer dan dimaster suara burung dg cara yg benar (Cara memaster burung yg benar) sampai jam 15.00 (Lebih baik dibiasakan saat terdengar adzan ashar).

   Kembali gantangkan burung ditempat teduh, dan boleh dimandikan jika cuaca masih panas. Berikan jangkrik 3 ekor, jangan lupa petik kedua kaki jenjang jangkriknya.

   Ketika matahari mulai tenggelam pukul 18.00 (atau saat terdengar adzan magrib) kerodongkan kembali burung kacer dan perdengarkan master burung sampai jam 19.00 saja (saat adzan isya) karena selepas itu burung akan tidur total. 

pemasterankacer


   Namun bisa jg pada saat sepertiga malam bisa diperdengarkan kembali suara master burungnya, waktu ini adalah waktu emas untuk memaster burung, walaupun mereka tertidur namun gelombang otak burung sudah berfungsi untuk menangkap suara alam disekitarnya. 

   Begitu berturut-turut, jangan hentikan pemasteran sampai waktu pemandian pagi berlangsung.

* Catatan ;

- Berikan EF kroto  setiap 3-4 kali dalam seminggu
- Ulat bambu/ cacing bisa diberikan 1ekor tiap 2 hari sekali
- Seminggu 3x burung diumbar dalam kandang umbaran saat dijemur siang
- Berikan Vitamin dg merk tertentu untuk menjaga kesehatan burung



No comments:

Post a Comment