Monday, March 2, 2015

Tips melatih mental burung pleci

sangkar burung pleci  Pada dasarnya burung pleci memiliki kesamaan dasar mental yg Berbeda-beda, di alam liar semua burung pleci pejantan dewasa akan saling berlomba untuk menarik perhatian betina, secara individu pleci jantan akan mempercantik bulu dan kicauanya. Nah disinilah kualitas pleci berada, bagaimana burung itu terlahir dg kondisi fisik dan habitatnya masing-masing. 
   Namun akan menjadi berbeda ketika dipelihara dalam sangkar. Bagi pleci yg memiliki kelebihan postur tubuh, volume suara, warna bulu,dll akan mempengaruhi kualitas mental masing-masing pleci layaknya di alam. Mengapa demikian" hal ini dikarenakan bagaimana proses burung pleci tersebut terpelihara, selama di alam sampai dalam pemeliharaan.

    Adapun faktor yg mempengaruhi diantaranya:
*Umur pleci ketika ditangkap dari alam liar
pleci yg berumur lebih muda biasanya akan lebih bermental kuat saat dewasa, dibandingkan pleci tua yg diambil dr alam. 

*Cara pleci ditangkap dan dikandangkan
penting diperhatikan bagaimana burung pleci diambil dari alam, apakah dengan cara perekat, perangkap pikat burung, jaring, atau disuluh (ditangkap pada malam hari) tentu cara ini mengakibatkan stress yg berbeda beda pada pleci. maka gunakan cara yg paling lembut dan aman.

*Nutrisi pakan Harian
setelah burung dikandangkan maka peran penting yg lain adalah gizi makanan yg disediakan dalam kandang, semakin banyak dan bervariasi semakin baik.

*Jumlah koloni dalam pemeliharaan
apakah anda memelihara pleci hanya 1 atau 2 ekor saja? bandingkan dengan burung pleci yg dipelihara lebih dari 10 ekor, belilah banyak pleci dipasar sebagai figuran untuk mendukung beberapa pleci jagoan anda.

*Terapi mental
saat sma, saya punya teman yg berpostur besar tp bernyali kecil, bahkan jd bahan olokan dan buly dikelas. tp saat lulus dan dipaksa ortunya untuk masuk akademi militer, maka setelah lulus dia sudah jd orang yg jauh beda tidak takut ini itu, sarang preman jg disapu.
    Dengan Terapi Mental yg benar dan konsisten maka pleci anda akan hebat.

   Lalu bagaimana melatih burung pleci kita supaya bermental baja? Berikut tips-tipsnya:
1. Selalu dekatkan dalam koloni yg banyak
inilah hukum pemeliharaan pleci "lebih banyak lebih baik, sangat banyak sangat baik"

2. Jemur pleci sampai paruh menganga, (jemurlah semenjak pagi hari, karena matahari pagi sifatnya menghangatkan, berbeda dg terik matahari siang yg membakar)

3. Biasakan pleci anda ajak jalan-jalan, perlihatkan keramaian orang2 dan lalu lintas, namun jangan sekaligus diajak kelokasi demo buruh, karena pleci akan syok dan stress, perlahan-lahan ajaklah ke area persawahan terlebih dahulu, pandangan mata terhadap alam luas akan merelaksasi pleci.
 
4. bawalah ketempat latber (Latihan Bersama) pleci
latih burung pleci anda untuk terbiasa dimedan tempur

5. Gantung di tempat yg tinggi
Buatlah tiang gantungan tinggi seperti perkutut, dan gantanglah pada sore hari saat suhu matahari berangsur-angsur dingin.

6. Aba-aba khas dari majikan (anda) misal siulan, hentakan, tepukan dll, berikan saat anda berinteraksi dg pleci anda, dan jangan mengganti ganti ritme/suara tanda aba-aba.

7. Charge berkala, masukkan pleci betina kedalam kandang dan biarkan secara berkala lalu cabut kembali betina untuk dipisah, namun usahakan suara call sibetina masih terdengar.

8. Terapi Hujan
sebelum mandi pagi atau sore apabila sedang gerimis, taruh pleci dihalaman tanpa makanan, biarkan kehujanan sampai bulu basah dan burung tidak lg loncat2. lalu bilas dg menyemprot air netral (biasa). semprot air hangat sore hari lebih baik.

9. Gantang ditempat ramai dan berisik
anda bisa menggantangkan pleci2  anda dipinggir jalan, tempat kerja atau ditempat yg ramai aktifitas, sebagai tempat gantangan harianya. 

10. Susu, Kroto, Madu

secara tidak langsung telur semut ini sangat manjur untuk mempercepat proses diatas.

Dan jangan lupa "Pelihara pleci dalam Sangkar yg Keren"

Tips diatas adalah cara-cara yg direkomendasikan oleh beberapa pengalaman kicau mania, yg telah lama menekuni hobi ketangkasan burung pleci. Faktor-faktor lain dapat mempengaruhi keberhasilan terapi mental ini, termasuk karakter burung pleci itu sendiri. tidak ada kata instan dan ajaib. kunci kesuksesan dalam tips ini adalah Sabarrrrr..!

Salam,

Media Online Sangkar Burung SKB

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment