Wednesday, October 14, 2015

Perawatan intensif murai juara saat mabung

Perawatan Pada Saat Mabung

Murai Mabung



   Mabung adalah proses regenerasi pada burung, Mengingat pentingnya fasa ini, ibarat jangan pernah memalingkan pandangan dari burung selama proses mabung. karena pada fase inilah banyak burung murai berprospek juara, menjadi burung tempe. 

   sehingga tidak sesuai yg diharapkan saat mabung selesai. menjebak para pecinta murai batu, dimana burung sering gagal mendapatkan pemulihan saat pengkondisian. 

   Mengapa terjadi hal itu? banyak peristiwa ini terjadi karena faktor ketidak sabaran para pecinta MB yg segera ingin melombakan murai jagoanya, sehingga lupa pengkondisian saat mabung.


Berikut perawatan mabung yg bisa dilakukan MB Mania:

a. Pada saat mau Mabung;

   1. Bersihkan kandang murai setiap hari, fase mabung murai harus berada di kandang bersih dan lingkungan yg bersih

   2. Pada awal masa mabung, kurangi porsi jangkriknya, dari semula 5 ekor pagi sore, turunkan menjadi 2 ekor saja pagi sore. namun kroto bisa ditambah porsinya 2X lipat dari sebelumnyauntuk menjaga stamina.

   3. Kurangi juga waktu pemandian burung, hingga satu kali saja dalam 2 atau 3 hari

   4. Mandikan burung saat tengah hari yaitu jam 12 siang, dan seketika kerodong kembali, tidak usah dijemur atau menunggu bulu kering.

   5. Berikan multivitamin yg bisa mempercepat proses perontokan bulu, dengan dosis yg sedikit saja, campurkan pada air minumnya. lakukan hal ini 3 hari sekali saja.

    6. Jauhkan dari burung murai yg lain apalagi lawan yg gacor


b. Perawatan Pada Saat Tumbuh bulu

   1. Nah pada saat semua bulu, baik kepala, badan, sayap maupun ekor sudah jatuh maka kembalikan porsi rawatan kembali kepada porsi rawatan harian seperti biasa, baik makanan maupun pola mandinya. 
   Ingat jangan pernah menjemur burung yg sedang tumbuh bulu sampai semua bulunya terutama ekor dan sayap selesai masa pertumbuhannya, karena ini akan menghentikan pertumbuhan bulu terutama ekor dan membuat bulu akan cepat tua.

  2. Selama pertumbuhan bulu berikan vitamin penumbuh pd minumannya dg dosis sesuaiyg tertera, dan pemberian dilakukan diatas 2 hari sekali, dan campur air mandi dg obat mandi yg ada di pasaran.

   3. Burung harus trus dikrodong setelah diberikan makanan dan dibersihkan kandangnya baik sebelum atau setelah mandi ditempat yang teduh dan berikan burung isian disekelilingnya.

   4. Setelah bulu ekor dan sayap tumbuh maksimal mulailah dilakukan secara bertahap :.

-minggu ke 1 dijemur selama 1/2 jam
-minggu ke 2 dijemur selama 3/4 jam
-minggu ke 3 dan ke 4 selama 1 jam
-minggu ke 5 dan ke 6 selama 1.5 jam
-minggu ke 7 dan ke 8 selama 2 jam


*Perhatian!!!

   Perlu diingat proses perawatan murai mabung ini wajib dilakukan satu per satu, jangan sampai burung yg sudah kita beli mahal dan mengalami perawatan panjang, akhirnya menjadi mlempem akibat perawatan kita yg kurang baik, nyesel deh..

  Jangan pernah mengadukan MB jagoan anda sebelum minimal 2 bulan penjemuran, setelah dilakukan penjemuran intensif selama 2 bulan, latihlah burung di trek yg ringan dg intensitas 2 minggu sekali saja, sehingga burung bisa selalu tampil prima. Lihatlah digantangan seperti apa burung anda?? Bisa dipastikan burung yg telah mendapat penjemuran intensif ini akan berkibar-kibar digantangan. 

   Sebaiknya juga anda baca Rawatan Terbaik Murai, untuk Harian dan Persiapan Lomba,ini yg diterapkan banyak kicau mania Murai di indonesia.

   Tapi apa jadinya kalau ini dillanggar, maka burung murai jagoan kita hanya akan menjadi galak dan susah mencapai performa maksimal. Berkali-kali hal ini terjadi pada para pemain kawakan, sehingga burung-burung bermental juara berakhir menjadi satpam dirumah.
Semoga tips ini dapat cocok dengan MB om-om semua, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.


Efek Pemberian Doping

Doping Burung


   Banyak pengalaman yg sudah terjadi bahwa pemberian doping ini tidak dianjurkan, karena efek ketergantungan yg ditimbulkan akan sangat merugikan. hal ini terlihat saat burung selesai mabung karena biasanya burung yg kecanduan doping akan mlempem seusai regenerasi bulu. Namun untuk memenuhi keinginan para pemain, doping lah andalan utama untuk mengejar sertifikat dan hadiah yg menggiurkan di kelas lomba yg bergengsi. 

   Dulu ada murai batu bernama elang sakti yg terbiasa didoping dg Orong-orong (kadal kecil) tiap hari, selama 3 hari sebelum lomba dan diberikan minuman tonic and bitter, burung tersebut kerap berprestasi, yg lalu diadopsi oleh Bp. Januar Dewa Ruci, Elang Sakti kerap menjuarai lomba yg diikutinya, dg catatan selama doping tersebut diberikan secara rutin, tp pada saat setelah mabung/rontok bulu burung tersebut terlihat tidak bernafsu untuk memakan orong-orong seperti sebelumnya, dan kondisinya tidak dapat pulih kembali seperti semula sampai akhirnya tenggelam prestasinya. 

   Kesimpulanya efek dari doping tersebut akan terlihat pada saat burung selesai mabung, dimana kondisi burung susah sekali untuk kembali ke kondisi prima sebelum dia mabung.

   Saran saya jangan menggunakan doping apapun terutama orong-orong, kelabang dan minuman doping yg ada di pasaran, jika anda ingin MB anda berprestasi dalam jangka panjang. 

   Tapi susahnya minta ampun mencari burung tanpa doping yg berkonser seperti burung dg doping saat digantangkan. dengan begitu tinggal kita pilih jalan yg mana?? kalo saya tetep pakai Dop****,, hehehe

No comments:

Post a Comment