Sunday, March 5, 2017

Cara penjemuran kenari supaya gacor durasi panjang

Penjemuran kebutuhan utama burung peliharaan

white timbrado

   Pagi hari saat matahari mulai bersinar kuning adalah waktu emas untuk burung kenari, mendapat asupan energi dari penjemuran  harian.
burung kenari termasuk burung yg sensitif terhadap kebersihan dan suhu lingkungan, jadi keadaan kandang dan perawatannya harus benar-benar diperhatikan.
berikut adalah tatacara yg bisa dilakukan untuk penjemuran sehari hari burung agar kicauanya semakin rajin dan tahan lama.

   1. Buka kerodong  burung  saat matahari mulai bersinar hangat atau kiraa-kira jam 07.00 pagi, burung bisa dikeluarkan dan diangin-anginkan, biarkan burung makan bijian dan menyesuaikan suhu luar, kurang lebih 30menit, 

Penjemuran Kenari
Buka kerodong dan diangin-anginkan

   2. selama dianginkan kandang bisa dibersihkan dg cara dicuci, agar tidak ada pertumbuhan kutu pada kandang kenari

   3. Siapkan cepuk besar yg biasa dipakai untuk mandi burung, masukkan cepuk mandi dan keluarkan semua makanan dari dalam kandang. dan jemur pada tempat terbuka untuk penjemuran. Perlu diingat, burung kenari disini lebih aman apabila mandi sendiri. karena apabila mandi dg cara disemprot, maka hal ini akan beresiko pada lubang hidung dan lubang telinga burung kemasukan air, hal ini yg biasa membuat burung sakit dan lesu tidak aktif berkicau.

Kenari Timbrado
Kenari Timbrado

   4. Selama proses penjemuran bersihkan pakan dari sisa sisa bijian yg tidak dimakan, bersihkan dan ganti air minum, dan semua yg akan diberikan pada burung.

   5. setelah 1 - 2 jam angkat kenari dan angin anginkan pada tempat yang sejuk sekitar 30 menit, jangan langsung dikerodong. Masukan pakan, minuman dan sayur yg sudah disiapkan, atau mungkin obat dan vitamin yg akan diberikan kepada burung.

Kenari adalah burung yg bisa menata isian

   Demikian tips cara memjemur dan memandikan burung kenari yg baik, ingat, cara ini bukan cara paten, burung berkicau memerlukan kondisi tubuh yg vit jadi apapun bisa dilakukan agar burung mencapai kondisi sehat.

No comments:

Post a Comment